Kisah Sukses menjadi Pengusaha Bisnis Makanan Burger berikut menarik untuk jadi inspirasi wirausaha.
.
Bagaimana bisa sebuah burger mengubah
kisah Velly Kristanti dan mampu menjadi Pengusaha sukses Bisnis Makanan
hasilkan omset hingga milyaran rupiah per bulan? Beginilah kisah
sukses nya. Bermula dari kisah Pengusaha Bisnis Makanan Pondok Sayur
Asem. Rumah makan Pondok Sayur Asem adalah kisah usaha yang pernah
dirintis pengusaha Velly Kristanti dan suaminya, Gatut Cahyadi, pada
2002 saat masih berstatus pegawai kantoran. Namun, kisah bisnis rumah
makan itu tidak terlalu sukses, ia pun sempat frustrasi.
Tahun 2004, kisah Pengusaha Bisnis
Makanan Velly dan suami, terjun bebas melepaskan status pegawai dan
mendirikan bisnis advertising syariah dan kisah itu gagal lagi.
Kemudian, bisnis IT juga pernah menghiasi kisah hidupnya dan setali tiga
uang, sukses belum juga menghampiri kisah tersebut .

Hingga kisah ini sampai di titik nol
dan satu-satunya yang mereka punya hanya Pondok Sayur Asem di daerah
Pekayon, Bekasi, yang sempat tidak mereka pedulikan. Berawal dari situ,
ide membuat bisnis makanan untuk anak muda yang cepat, halal, dan nikmat
pun terbersit dan burger dipilih sebagai pilot project kisah mereka.
Mengaku tak pernah belajar dari kisah
chef mana pun, pengusaha Velly dan suami menganalisis dan meracik
sendiri visi burger mereka, tentunya yang khas dan pas dengan lidah
orang Indonesia. Segala macam buku tentang kisah sukses bisnis burger
dipelajari hingga akhirnya pengusaha Velly membuat sendiri burger yang
Indonesia banget. Terbuat dari roti yang lembut dan daging berurat serta
saus spesial, burger bikinan pengusaha Velly ternyata digemari dan
semakin laris dipesan. Intinya, bikin orang jadi ‘klenger’!
.
kisah Nama ‘klenger’ diambil pengusaha
sukses Velly dari kosakata bahasa Jawa yang bisa berarti ‘setengah
mati’, atau ‘klepek-klepek’, namun, pengusaha sukses Velly lebih suka
mempersepsikan ‘klenger’ dengan analogi ‘tobat sambel’, sudah tahu
sambel pedas tapi mau lagi mau lagi. Begitulah nama ‘klenger’ akhirnya
dikenal masyarakat, khususnya anak muda yang menjadi target market kisah
Klenger Burger.
.
Selain nama yang gampang diingat serta
rasa dan servis yang memuaskan, kisah bisnis Klenger Burger juga sukses
dengan persebaran outletnya yang pada tahun 2010 ini berupaya mencapai
target 100 outlet di seluruh negeri. Tak heran, “Jelajah Negeri” jadi
tema kisah bisnis Klenger Burger. Saat ini Klenger sudah mempunyai 63
outlet bisnis yang tersebar di Jabotabek, Bandung, Kuningan, Bali, dan
Medan. Selain itu, ada 8 outlet bisnis yang mau opening, serta tambahan 6
outlet bisnis yang sedang dalam preparation juga.
.
Dalam hal paten, kisah bisnis Klenger
Burger tak mau kalah cepat. Sejak lahir, brand Klenger sudah dipatenkan
atas nama pengusaha sukses Velly Kristanti. Meskipun demikian, bisnis
tiruan Klenger Burger ternyata sudah merajalela dan pengusaha sukses
Velly pun mewanti-wanti agar masyarakat dapat dengan bijak memilah mana
Klenger asli dan mana yang palsu.
pengusaha sukses Velly pun masih
mengurus kisah kasus tersebut lewat jalur hukum. Selain hak paten,
sertifikat halal dari MUI pun sudah dikantongi sejak kisah bisnis
Klenger masih dibuat secara rumahan di Bekasi hingga kisah bisnis
Klenger diproduksi massal dengan menggunakan mesin saat ini.
.
Logo bisnis Klenger Burger pun
mempunyai kisah yang tak kalah keren. Kalau Anda biasa melihat tulisan
merek burger ada di tengah-tengah gambar burger, Klenger Burger
menyajikan kisah logo yang berbeda. Tulisan “Klenger Burger” ada di atas
burger, yang artinya kurang lebih, kita sebaiknya melihat segala
sesuatu tak hanya dari pandangan mata tapi dari segala aspek, istilah
kerennya “Beyond Burger”.
.
Di mana bumi dipijak, di situ langit
dijunjung. kisah Filosofi tersebut dianut pengusaha sukses Velly untuk
lebih dekat kepada masyarakat. Untuk memperkenalkan burger dengan cita
rasa Indonesia, tak serta merta pengusaha sukses Velly memaksakan rasa
tertentu kepada masyarakat. Sebaliknya, kisah pendekatan rasa dan budaya
digunakan pengusaha sukses Velly untuk menarik market. Misalnya saja,
di Medan, pengusaha sukses Velly membuat menu spesial, yaitu burger
omelet yang sesuai dengan kebiasaan masyarakat setempat yang sangat suka
dengan telur.
.
Selain kisah sukses burger, pengusaha
sukses Velly juga memperkenalkan brand Pizza Kriuk, Clemots Coffee, dan
Kweker Fried and Grilled Duck. Pizza bikinan pengusaha sukses Velly
juga masih bercita rasa Indonesia, misalnya saja pizza balado dan pizza
sate.
pengusaha sukses Velly memang addict
untuk membuat brand-brand baru di bawah PT Kinarya Anak Negeri (KAN),
perusahaan yang digawangi pengusaha sukses Velly dan suami pengusaha
sukses tersebut. Brand-brand ini pun mempengaruhi kisah strategi
marketing pengusaha sukses Velly ke masyarakat, dan tentunya investor
yang berminat menjadi Franchise pengusaha sukses Velly .
.
Kini, pengusaha sukses Velly sudah ada
Burins (Burger Instan) yang menganut konsep take away, dapat ditemui di
jaringan Alfa Express dan Circle K, 2K (Klenger Kriuk) yang menyediakan
menu burger dan pizza dengan tempat buat kongkow yang asyik, Foodteran
dengan konsep kolaborasi Klenger Burger, Pizza Kriuk, dan Clemots Coffee
dalam satu area yang menyuguhkan pilihan variasi lengkap dengan
teknologi support Free WIFI.
.
Ibarat kisah semester pendek saat
kuliah, pengusaha sukses Velly merasakan ujian yang menimpanya dalam
waktu singkat telah membawa begitu banyak pelajaran kisah berharga. Dari
kisah ditipu orang, kisah modal habis-habisan, sampai kisah frustrasi,
membuat pengusaha sukses Velly dan suami belajar ikhlas dan mencoba
bangkit dari kisah keterpurukan.
.
Percaya bahwa tidak ada yang tidak
mungkin serta kisah kesuksesan itu bukan suatu proses yang instan adalah
resep pengusaha sukses Velly dalam menggodok bisnisnya. Meski kisah
bisnis pengusaha sukses Velly berkembang pesat, pengusaha sukses itu
merasa belum di puncak sukses. Ibu dari Raka dan Zahra lulusan D3 Sastra
Belanda FIB UI ini masih merasa banyak PR yang harus dikerjakannya agar
sukses . Mulai dari maintenance outlet, training SDM, hingga
pengembangan usaha. Soal kisah tawaran dari luar negeri, pengusaha
sukses Velly mengaku, telah menampik tawaran tersebut karena ingin
berjaya di negeri sendiri baru menginjakkan kaki di negeri orang.
.
Outlet pengusaha sukses Velly Klenger
Burger diklasifikasikan menjadi tiga kelas, yaitu Green Box, Yellow Box,
dan Red Box. Untuk Outlet pengusaha sukses Velly Green Box, omset yang
diraup pengusaha sukses Velly dapat mencapai lebih dari Rp 2 juta per
hari, Yellow Box Rp 1jt-Rp 1,5 juta per hari, Red Box kurang dari Rp 1
juta per hari. Sementara outlet pengusaha sukses Velly yang baru dibuka
digolongkan di Blue Box yang butuh penanganan khusus serta ada pula
Black Box yang merupakan golongan outlet pengusaha sukses Velly yang
perlu direlokasi dan ditinjau kembali
.
demikian Kisah Sukses pengusaha sukses Velly WiraUsaha Wanita BerBisnis Makanan Burger, semoga bermanfaat…!
demikian Kisah Sukses pengusaha sukses Velly WiraUsaha Wanita BerBisnis Makanan Burger, semoga bermanfaat…!



0 komentar:
Posting Komentar